Skip to main content

Trip Rio de Janeiro, Brazil 2018

Setelah sekian lama, barulah aku mendapatkan kekuatan untuk menuliskan pengalamanku jalan jalan ke Brazil, di tahun 2018. Aku juga masih punya pengalaman pengalaman traveling yang mengantri untuk ditulis setelah Brazil trip, Hong Kong , Vietnam (Saigon) trip dan Macao trip. Hmmm kapaaan aku bisa nulis nya huhu :(

Okelah kali ini aku mau bercerita yang Brazil dulu. Aku ke Brazil cuma ke Rio de Janeiro. Ga ke state or kota lain. Aku disana 10 hari berangkat seorang diri dari Surabaya.

Tiket aku beli rute KUL-GIG via AMS. Kenapa KUL? karena KUL itu salah satu hub besar di dunia penerbangan jadi sudah dijamin harga tiket lebih miring. Untuk ke KUL yaaa urus sendiri tiketnya alias tiket terpisah, beda kode booking.

Jadi tiket yang aku beli kemaren, SUB-KUL , KUL-GIG (PP) lalu KUL-SUB. Jadi tiket ke Malaysianya kira kira sendiri pokoknya jangan sampai ketinggalan pesawat yaaa haha. Karena aku takut ketinggalan pesawat ( ehm tiket ke Brazil mahal cuy!!) aku ambil jeda 10 jam. Iya ga tanggung tanggung wkwk daripada aku ketinggalan pesawat lurr ga lucu. 10 jam itu sudah antisipasi misal pesawat SUB-KUL nya delay dll, jadi beli tiket murah terpisah kayak gini emang ada resiko nya yhaaa. Karena kalian harus check in terpisah ye kan, belum lagi cari or pindah terminal (kalau beda). Makanya aku ambil 10 jam biar secure walaupun keadaan di lapangan ternyata smooth dan on time jadinya sih kelamaan 10 jam wkwk tapi gpp lur santuy mah. 😁

Sampai di KUL alias bandara KLIA 1, kita santai sambil tunggu check-in atau bag drop dibuka. Abis itu boarding lalala perjalana ke AMS itu 12 jam. Ini durasi perjalanan pesawat terlama dalam hidupku, ampun slur. Abis itu sampai di AMS aku layover 4 jam. Cepat kalau ni mah. Terus lanjut ke Rio perjalanan pesawat durasi 11 jam. Yaudah si bayangin aja. Ternyata Brazil itu jauuuuuuh banget lur. Dan yang bikin jauh sih sebenernya pesawatnya yang harus oper oper muter muter dulu ke hub besar lain karen jarang atu pesawat ke Brazil. 😭

Dah ya fast foward same di Rio. Kesan pertama sih bandaranya gede tapi hampa dan redup, no sleepable. Imigrasi lancar aja cuss exit nggak ada pemeriksaan xray customs jadi lgs exit aja gitu. Kalau butuh money changer ya ada tu di arrival hall. Perjalanan ke hotel aku tempuh pake taxi waktu itu kurang lebih $RS50.

Rame lur! Christ de Redeemer, Brazil.

4 hari pertama aku abiskan di wilayah stadium Olympic karena aku datang kesini itu sebenernya karena diundang ke acara gaming event nya pacar aku, ciyeee,, yang diselenggarakan di Brazil.  Jadi 4 hari pertama aku stay di Barra Tijuca, pas didepan kompleks stadium Olympic itu.
at Rainbowsix Siege Finals, Rio de Janeiro.

Hari ke 5-7 aku pindah ke Santa Teresa atau biasa disebut juga Old Rio. Tram Rio disini ya gaes. Disini itu wilayahnya keren, macam jadul gitu cuma ga praktis ya kemana mana jalan kali dan bukan tempat yang ramai karena santa teresa itu bukit, kalau ke tempat ramai harus turun bukit dulu. Aku disini nginep di Mama Shelter Rio. Dari sini bisa jalan ke Escadaria Selaron, si tangga hits itu. Selama disini aku jalan kaki terus kalau ke Centro, baru pake uber kalau balik ke hotel.
Santa Teresa, Rio de Janeiro.

MAM, Rio de Janeiro.

Centro, Rio de Janeiro.

Haru ke 7-10 Aku pindah ke Botafogo. Nah disini tuh menurut aku lokasi yang paling strategis. Disini aku nginep di Airbnb. Lokasi strategis untuk menuju ke Christ de Redeemer  ama Sugar Loaf dll . Kalau mau ke pantai Ipanema juga dekat dari sini.
Disini juga ada jalan hits namanya Nelson Mandela st. Itu kalau malam disulap jadi warung warung kuliner bar gitu gaes, jadi kalau malam nongkrong disini seru. Asal jangan malam malam pulangnya. Kita selalu dipesan sama staff hotel untuk balik sebelum jam 22 karena ya itu demi keamanan.Disini juga ada mall yang view nya Sugar Loaf,  baguss banget.
Botafogo, Rio de Janeiro.

Untuk rincian perjalanan, kalau kalian nanyain ITIN, intinya aku kemaren kesini :

We explored most parts of Rio De Janeiro 🇧🇷

Day 1- 4 Parque Olympico , Barra 🚖

1. Rainbowsix season 8 Finals at Jeunesse Arena 🐾
2. Vision complex stores 🐾
3. Rio2 Shopping🐾
4. Parque Olympico🐾

Day 5 -7 Santa Teresa 🚖

5. Escadaria Selaròn🐾
17. The Capital Cafe🐾
18. Saara Traditional Market (beli souvenir disini harga miring) 🐾
19. Campo de Santana parque🐾

Day 8-10 Botafogo 🚖

20. Starbucks Brasil🐾
29.  McDonald's🐾
30.  Copacabana 🐾
31.  Nelson Mandela street 🐾

Foto foto lain bisa check di Instagram aku www.instagram.com/jooenitaa

🐾 By foot 🚖 Uber 🚖🐾 Uber and walks

Note :
1. Makanan relatif mahal wkwkwk
2. Brazil ga ada iced coffe kecuali di SBUX
3. Harga tiket ke patung jesus $RS 43-65 tergantung season
4. Souvenir juga mahal
5. Ga ada sambel lur meskipun chilli sauce, adanya tabasco.
6. Aku ga nyobain public trans, kami pake Uber.
7. Jangan pake ATM bersama alias ATM banco24horas karena dikenakan fee 90k. Mending ke ATM BANK individuals, or ATM yang ada di Bank-nya.
8. di Centro banyak banget beggar, mending dikasih dikit daripada diikutin.
9. Masalah dokumen visa dll silahkan baca di postingan sebelumnya yhaa :)

Segini dulu nanti kalau ga mager aku update.

Joenita,
XOXO

Popular posts from this blog

Pengalaman Solo Trip Ke Malaysia 2017

Hai semuanya , lagi suntuk nih, jadi pengen nulis. Postingan kali ini, aku mau bahas tentang pengalaman aku solo trip ke Malaysia. Solo trip berarti seorang diri tiada berkawan. 😳 petronas twin tower Sebelum merencanakan trip ke Malaysia banyak hal yang harus diperhatikan, seperti : 1. Kalian harus punya paspor, yaiyalah. Kalau belum punya silahkan mengurus paspor di kantor imigrasi terdekat di kota anda whehehe. 2. Kalian udah punya tiket RETURN ke Indonesia. Jadi nggak masalah kalian bisa sampai malaysia dengan cara apa yang pasti tiket balik ini bakal ditanyain sama imigrasi Malaysia. 3. Kalian punya dana yang cukup, sekalipun kalian backpacker dengan dana yang pas-pas an kayak aku hehe, kalian harus cek KURS tukar yang berlaku / terkini di internet untuk menghitung jumlah uang yang kalian bawa itu cukup nantinya sekalipun dikonversi ke ringgit. 4. Kalian punya kontak darurat, jaga jaga kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehabis

Backpacking ke Vietnam 2018

source : divui.com Postingan kali ini akan membahas perjalanan backpacking ke Vietnam bulan April lalu. Less drama sih. Tapi tetep gak lepas dari TRAVEL DRAMA. Cuma aku mau share beberapa hal penting juga yang harus kalian ketahui sebelum merencanakan perjalanan liburan ke Vietnam. Vietnam memang bukan negara destinasi populer untuk liburan. Thailand lebih populer yes.  Cuma aku kan anti-mainstream jadinya cuss deh ke Vietnam. Aku pergi ke Vietnam selama 5 hari dengan barang bawaan seberat 5 kg saja lol! Nggak bayar bagasi. 👀 Kalau waktu itu kalau kalian follow story instagram aku ( ada di  Highlight ) dan nonton LIVE waktu aku ceritain kejadiannya,  sempet ada drama di flight keberangkatanku yang bener bener merusak rencanaku dan merugikan secara financial banget!!! Dan hal ini bener bener nyebelin dan buat aku kecewa sama maskapai aussie bernama Jetstar. hehe aku nggak berniat menjelekin kok ambil pelajarannya aja dari pengalamanku ini. 👻😈 Jadi aku booking tiket nih