Skip to main content

Backpacking ke Vietnam 2018

Related image
source : divui.com
Postingan kali ini akan membahas perjalanan backpacking ke Vietnam bulan April lalu. Less drama sih. Tapi tetep gak lepas dari TRAVEL DRAMA. Cuma aku mau share beberapa hal penting juga yang harus kalian ketahui sebelum merencanakan perjalanan liburan ke Vietnam. Vietnam memang bukan negara destinasi populer untuk liburan. Thailand lebih populer yes.  Cuma aku kan anti-mainstream jadinya cuss deh ke Vietnam. Aku pergi ke Vietnam selama 5 hari dengan barang bawaan seberat 5 kg saja lol! Nggak bayar bagasi. 👀

Kalau waktu itu kalau kalian follow story instagram aku ( ada di  Highlight ) dan nonton LIVE waktu aku ceritain kejadiannya,  sempet ada drama di flight keberangkatanku yang bener bener merusak rencanaku dan merugikan secara financial banget!!! Dan hal ini bener bener nyebelin dan buat aku kecewa sama maskapai aussie bernama Jetstar. hehe aku nggak berniat menjelekin kok ambil pelajarannya aja dari pengalamanku ini. 👻😈

Jadi aku booking tiket nih rute SUB - SIN - SGN ( tapi yang booking orang lain, tau lah ya kan juga ada prosedurnya juga ngebook.in orang lain ) pembayaran pake CC berhasil sampai tiket itu terbit, dalam bentuk e-tiket pdf yang di email itu guys. Semuanya wajar dan normal-normal aja. Besoknya aku check-in ke airlinenya. Ternyata aku ditolak lho guys katanya tiketku gak confirmed.😭😭😭
"Hah? lha kok bisa ini tulisannya confirmed kok di issue in e-tiket kalau nggak confirmed bla bla..."

Trus kami langsung on call tuh sama pihak maskapai karena petugas yang disana gak mumvuni, doi complain abis abisan ke call center kenapa aku ditolak dan pada akhirnya ditinggal sama penerbangan tersebut. Pihak maskapai mengakui jika, mereka dengan sengaja membatalkan tiket itu karena tidak ada konfirmasi dari pemesan tiket, untuk menyatakan bahwa dia beneran bookingin tiket untuk orang lain, no fraud. Eh gilak dan mereka itu nggak email or at least notice kalau kita perlu konfirmasiin booking tersebut. Gajelas banget guys 😢😴

Jadi si Jetstar ini, mereka nggak suka, kalau nama yang tertera dipemesanan tiket, itu beda sama yang pesen atau kasarnya yang bayar. Mereka dengan terang-terangan bilang, " Well, we dislike  it when someone who pays isn't the person who is flying" ,,, ya wtf gitu kan yak,, trus petugas call center juga bakal memproses refund booking yang dibatalkan pihak jetstar tadi. 😔

So, teman-teman, jaga jaga aja kalau kalian berencana terbang pakai Jetstar, dan kondisi kalian sama kayak aku, dibooking orang lain bukan kalian sendiri yang booking, alangkah baiknya kalian make a confirmation to jetsar just to make sure everything is confirmed.✔

Biar nggak kena PHP kayak aku guys.

Masalahnya waktu itu aku sudah di bandara, prepared banget, tiba-tiba tiket aku di cancel gitu aja sama maskapai trus rusak kan semua rencana perjalananku? yang awalnya yakin hari itu jam 22.00 bakalan landed di Vietnam ternyata harus mbambung ria di Juanda dulu. mbambung lagi di Kuala Lumpur. Kami harus beli tiket baru hari itu juga harus ganti rute, harus "ngecer" tiket seadanya pokoknya ke Ho Chi Minh City daaaaan harus bayar dua kali lipat dengan rate yang tinggi karena dadakan. Kan anjirrrrr.
Akhirnya rute aku berubah jadi SUB - KL (transit overnight) - SGN ya gimana adanya cuma itu gengs daripada nggak jadi lol. Ngeselin nggak sih. 😭


Oh iya kalian wajib hukumnya punya tiket return ke Indonesia bahkan ini di cek sama maskapai yang akan membawa kamu ke Vietnam. Waktu itu pake VietJet. Kemaren aku berangkat one-way loh  guys hahaha, untung ada e-tiketnya Jetstar yang php itu kan tulisannya confirmed, jadi aku nunjukin itu dan aku bilang aja return pake ini  kemarin  ketinggalan pesawat lol. 😂😂

Ok udah dramanya itu aja kok.. lanjut bahas Vietnam yah simak baik baik 😇


HO CHI MINH CITY / SAIGON
Perjalanan kali ini dimulai dari Surabaya ke Ho Chi Minh City atau yang lebih dikenal sebagai Saigon. Di kode penerbangan ditulis SGN. Ho Chi Minh City itu nama baru untuk Saigon ibaratnya kayak Batavia jadi Jakarta itu deh. But, orang lokal lebih senang menyebut kota ini Saigon karena ya emang itu namanya, Ho Chi Minh City itu ibaratnya kayak nama official. Ibukota Vietnam adalah Hanoi. Ho Chi Minh City lebih ke kota pusat bisnis dan financial. 

untuk kalian yang tertarik dengan sejarah perubahan nama ini , ini ada cuplikan sedikit dari wikipedia :
Ho Chi Minh City, also informally and widely known by its former name of Saigon (Vietnamese: Sài Gòn; [sàj ɣɔ̀n] or Vietnamese pronunciation: [ʂàj ɣɔ̀ŋ]), is the largest city inVietnam by population. It was known as Prey Nokor (Khmer: ព្រៃនគរ) prior to annexation by the Vietnamese in the 17th century. Under the name Saigon, it was the capital of the French colony of Cochinchina and later of the independent republic of South Vietnam1955–75. On 2 July 1976, Saigon merged with the surrounding Gia Định Province and was officially renamed Ho Chi Minh City after revolutionary leader Hồ Chí Minh (although the name Sài Gòn is still widely used). (wikipedia)

Jadi nama Saigon itu sampai saat ini masih dipake di toko-toko, bandara, dan orang orang saigonese sendiri lebih suka menyebut dengan Saigon karena katanya sih menurut rumor yang beredar mereka Saigonese, sensi sama perubahan nama itu, tapi ya nggak tau lagi ya.

oh ya FYI di bandara-bandara domestik dan internasional di Vietnam itu lebih ketat security nya daripada bandara pada umumnya. Kok bisa? iya, sepatu kalian harus dicopot dan ikut di scan x-ray. Jadi buat kalian yang berencana menyelundupkan sesuatu di sepatu, hati-hati, bakalan ketauan lhoooo! 😉😶😏
Daaaan kalian jangan mepet-mepet kalau ke bandara, soalnya line securitynya panjaaaaaang!!!😭

Related image
siap siap antri panjang...
Related image
bisa sampe dari luar gedung kayak gini

pokoknya PARAH. line masuk imigrasinya juga parah panjang! Jadi khusus airport Ho Chi Minh CIty, persiapin at least 1 jam extra dari airport time yang biasanya!ok! Jaga-jaga kalau pas rame kayak gini! Parah men parah. Aku ngantri 30 menit.an deh... huhuhuhu..


Trus ada apa sih di Saigon atau Ho Chi Minh City ini?
Disini itu kaya akan landmarks peninggalan sejarah jajahan Perancis. Jadi banyak bangunan atau gedung gedung bersejarah lainnya. Jadi kalau buat aku kota ini cocok untuk dijadikan untuk wisata sejarah Dan hunting foto  karena ini kota besar ya. Trus disana juga yang populer itu museum yang mengoleksi barang peninggalan perang Vietnam. Kalau kalian anak sastra inggris ngambil mata kuliah poetry kalian pasti familiar sama perang Vietnam. 😎

Related image
war remnants museum


Karena aku nggak gitu ambil banyak foto , jadi nih sedikit foto foto Ho Chi Minh CIty di internet :



Related imageImage result for saigon vietnam wikipedia
Related imageRelated image


Image result for vietnam dong
Vietnamese Dong

Selain itu, kota ini juga cocok buat kalian yang suka shopping ataupun kulineran! Vietnam itu lebih murah daripada Indonesia. 1000 VND  =  600 IDR. dst. Jadi aku gampangnya apapun  itu harganya anggap aja kalau kalian pake rupiah diskon - 40%. Penulisan bilangan mata uang disana juga sama kayak Indonesia.  10,000 VND ( Vietnam Dong , bukan Dollar ) kadang juga ditulis kayak 10k, 50k, dst sama lah kayak indo.
Jadi gampang aja sih nangkep sense money value.nya soalnya sama kayak rupiah cuma rupiah lebih kuat disini! 🙌💕


Waktu itu aku sempet nyobain kulineran disana. Aku mengunjungi beberapa tempat yang emang direkomendasiin sama trip advisor. Aku mengunjungi beberapa restaurant berdasarkan Tripadvisor, Restaurant in Ho Chi Minh City dan juga mengunjungi event pertukaran dagang ASEAN 2018! Banyak banget makanan dimana-mana.💕


Vietnamese Street Food
                                           

itu... gurita kan ya??? daan daun bawang???
                                           



                             
     
                    your dirty mind.
aku juga ke ini nih jalanan yang paling terkenal di Saigon namanya Bui Vien Walking Street . Jalanan ni tuh kayak pusatnya dunia malam, cafe, hotel, toko, sama pusatnya para backpackers. Kalau di Bali semacam kuta dan gang poppiesnya gitu deh...👍
                                                      
Bui Vien Walking Street

Setelah puas menikmati kota Ho Chi Minh City ( South Vietnam ) , keesokan harinya aku pergi ke Da Lat ( Central Vietnam ) menggunakan penerbangan domestik yang ditempuh selama 50 menit.


DA LAT
Đà Lạt, is the capital of Lâm Đồng Province in Vietnam. The city is located 1,500 m (4,900 ft) above sea level on the Langbian Plateau in the southern parts of the Central Highlands region. In Vietnam, Da Lat is a popular tourist destination.Da Lat's specific sights are pine wood (forming the name: "City of thousands of pine trees") with twisting roads and tree marigold(Vietnamese: dã quỳ) blossom in the winter. The city’s temperateweather stands in contrast to Vietnam's otherwise tropical climate. Mist covering the valleys almost year-round leads to its name "City of Eternal Spring". (wikipedia)

Jadi intinya Da Lat itu kota pegunungan yang selalu adem kalau dibandingin cuaca normal Vietnam yang panas, panasnya kemaren sampe 35 derajat celcius. Aku orangnya lebih suka pegunungan jadinya aku sengaja skip pantai ,jadi ciao,  karena panas dan yaaaaa pantainya palingan nggak jauh jauh amat sama Indonesia. Aku lebih tertarik sama  budaya Vietnam aja sih, bukan keindahan alamnya yang menurutku ya nggak jauh beda sama Indonesia, jadi aku lebih suka mengujungi temples, pagoda, pedesaan, pasar dan nyobain makanannya yang beragam. 

Da Lat sendiri kalau buat aku itu European-nya Vietnam. Disana itu bener bener cantik.Udaranya sejuk. Rumah-rumahnya cute, kotanya lebih rapi daripada Saigon, dan kesannya european banget mengingat ini kota peninggalan jajahan Perancis. Da Lat juga salah satu destinasi turis yang populer di Vietnam. Selain itu kota ini punya banyak sekali bunga , bahkan mawar aja ada dipinggiran jalan! disini juga ada pohon yang berdaun pink maupun ungu ketika musim semi pokoknya cantik!🌸🌼🍁🌾🌺


Image result for flowers n da lat vietnamRelated image

ini bangunan-bangunan nuansa eropa yang ada di Da Lat:

Image result for da lat houses


Related image

Related image


                                               Related image

Jadi ya asik aja gitu menikmati suatu kota yang cantik nan damai. Aku sukaaaaa. Aku menghabiskan 3 hari disini.

Ini nih kalau foto-foto dari trip akuuu.... 😄


Downtown Da Lat

Lavenderdalat garden

Mejeng didepan Pagoda


harus banget selfie latar bendera Vietnam :D



ckrek..ckrek.. itu patung lilin btw bukan orang beneran hehe


STAY AND TRANSPORTATION
Selama di Da Lat aku stay di Cristina's Green House room rate.nya mulai dari 230k per malam book di Airbnb. 😁
Selama disini aku keliling-keliling menggunakan motor guys, disini nyedian sewa motor dan airport shuttle. Waktu itu aku pakai jasa airport shuttle pick&drop private (20 menit ) , trus sewa motor selama 3 hari dikenakan biaya 550k VND atau sekitar IDR 338k saja semuanya. Murah banget!  Disini itu kalau kalian sewa motor, nggak diminta sim internasional, jadi yang penting kalian bisa nyetir, kalian hati-hati aja ya inget bagi kalian yang gak punya asuransi hahaha, dan jangan lupa disini drive on right, kebalikannya Indonesia. Kalian juga bisa pake Grab di Vietnam. 😁

Untuk tiket pesawat dari Surabaya ke Ho Chi Minh City,  kalau aku cek di Skyscanner sih, kalau kalian book dua bulan sebelum, itu bisa cuma 2jutaan return tiket. Kalau mendadak kayak aku kemarin 2jutaan itu cuma one-way coyyyyy. Syedihhh. 😅😈

Sedangkan untuk tiket domestik dari Ho Chi Minh City ke Da Lat itu mulai dari 250k aja one-way! yes that cheap! Masih mahalan tiket Surabaya Bali loh, lol.
Masalah budget kalian bisa atur lagi, nggak ada yang mahal di Vietnam asal kalian rajin browsing cari yang murah, tapi semuanya murah sih , bayangin aja semuanya discount -40% kalau di convert ke rupiah!😁
Jadi kalau diitung-itung sih dengan dana sekitar 5 jutaan aja kalian bisa berlibur ke Vietnam! Buat kalian yang tertarik, semoga tips dan pengalamanku ini bisa membantu budgeting ya!😁

LANGUAGE
Agak susah kadang berkomunikasi di Vietnam karena orang lokalnya , terutama di kota yang lebih kecil, tidak begitu paham/berbicara bahasa inggris. Di buku-buku menu restaurant atau sign-sign toko  juga gak semuanya ada English translationnya, jadi hampir semuanya in Vietnamese. Jadi kalau pesen makanan, harus liat fotonya secara teliti, dan minta dijelasin, itupun, kalau kalian beruntung mereka bisa menjelaskan dengan baik. Aku kena miskomunikasi dua atau tiga kali gitu selama disini. Dan orang-orang lokal selalu ngomong Vietnamese ke aku dikiranya aku orang lokal guys. 😂😂😶 Jadi maklumi saja, dari segi penggunaan bahasa asing, dan teknologi terkini, Indonesia jauh lebih mumvuni. 😂

Okay segitu dulu tulisan kali ini, semoga bisa dijadikan referensi buat yang mau jalan-jalan ke Vietnam! Ciao 💨



xoxo,
Joenita

Comments

Iin Iryani said…
Kok aku jdi pengin stay disana yah... Indah alamnya, untuk bahasa selain Inggris mungkin bisa menyusulah ya hehe

Popular posts from this blog

Pengalaman Solo Trip Ke Malaysia 2017

Hai semuanya , lagi suntuk nih, jadi pengen nulis. Postingan kali ini, aku mau bahas tentang pengalaman aku solo trip ke Malaysia. Solo trip berarti seorang diri tiada berkawan. 😳 petronas twin tower Sebelum merencanakan trip ke Malaysia banyak hal yang harus diperhatikan, seperti : 1. Kalian harus punya paspor, yaiyalah. Kalau belum punya silahkan mengurus paspor di kantor imigrasi terdekat di kota anda whehehe. 2. Kalian udah punya tiket RETURN ke Indonesia. Jadi nggak masalah kalian bisa sampai malaysia dengan cara apa yang pasti tiket balik ini bakal ditanyain sama imigrasi Malaysia. 3. Kalian punya dana yang cukup, sekalipun kalian backpacker dengan dana yang pas-pas an kayak aku hehe, kalian harus cek KURS tukar yang berlaku / terkini di internet untuk menghitung jumlah uang yang kalian bawa itu cukup nantinya sekalipun dikonversi ke ringgit. 4. Kalian punya kontak darurat, jaga jaga kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehabis

Trip Rio de Janeiro, Brazil 2018

Setelah sekian lama, barulah aku mendapatkan kekuatan untuk menuliskan pengalamanku jalan jalan ke Brazil, di tahun 2018. Aku juga masih punya pengalaman pengalaman traveling yang mengantri untuk ditulis setelah Brazil trip, Hong Kong , Vietnam (Saigon) trip dan Macao trip. Hmmm kapaaan aku bisa nulis nya huhu :( Okelah kali ini aku mau bercerita yang Brazil dulu. Aku ke Brazil cuma ke Rio de Janeiro. Ga ke state or kota lain. Aku disana 10 hari berangkat seorang diri dari Surabaya. Tiket aku beli rute KUL-GIG via AMS . Kenapa KUL ? karena KUL itu salah satu hub besar di dunia penerbangan jadi sudah dijamin harga tiket lebih miring. Untuk ke KUL yaaa urus sendiri tiketnya alias tiket terpisah, beda kode booking. Jadi tiket yang aku beli kemaren, SUB-KUL , KUL-GIG (PP) lalu KUL-SUB . Jadi tiket ke Malaysianya kira kira sendiri pokoknya jangan sampai ketinggalan pesawat yaaa haha. Karena aku takut ketinggalan pesawat ( ehm tiket ke Brazil mahal cuy!!) aku ambil jeda 10 jam. Iy