Skip to main content

Tips Singkat Kenalan ama Bule

Ellen , Rachel , Mr.Sip and Me
Hello guys !!Kali ini aku mau posting tentang cara yang baik dan benar dalam memulai perkenalan dengan bule. Buanyak banget yang tanya gimana sih caranya.... ? Ngomong apa ke bule-nya??

Oke ..aku jawab singkat aja.. Ya memang berkenalan bisa dengan apa aja. Yang mau bahas kali ini guys gimana kalo kita bertemu langsung dengan orangnya contoh wisatawan asing. Gausah malu, gengsi, atau minder kalo mau nyamperin dan ngajak kenalan mereka. Mereka juga manusia biasa sama kayak kita. Mereka juga bukan artis atau public figure ( ya meskipun selalu di anggap begitu ).hehehe..Tips yang aku bagi ini berdasarkan pengalaman sebagai tour guide selama 1th Yaaa .

Oke so...

1. Perkenalkanlah Dirimu Terlebih Dahulu

Jangan sesekali kamu dateng mecungul langsung bilang " what is your name ? " itu wow bgt salah besar. Jangan keluarkan tuh kekepoan kamu. Kamu harus memperkenalkan diri terlebih dulu nih dengan cara yang agak elegan... contoh :
" Hi, i think we've never met before , I'm Yunita nice to meet you .. ( jangan lupa senyum atau ngajakin hand shake ya )

2. Jangan Kepo

Kalo kamu pengen keep conversation going , jangan kepo mulu , wroooong ! Tipe orang bule itu tipe orang yang cuek dan gak suka ketenangannya diusik dengan pertanyaan-pertanyaan gak penting. mereka itu sesungguhnya juga manusia yg males banget ngobrol small talk gitu. Jadi beri pertanyaan-pertanyaan pancingan yang kemudian dia akan dengan senang hati menjawab dan menceritakan tentang dirinya. contoh :
" So how long you've been stay here ? " 
 jangan coba-coba tanya kayak "where do you stay?" kecuali mereka kasih tau sendiri ya..
pertanyaan  lain :
" do you enjoy Indonesia ? " , " where are you come from? " ( kalo dia jawab dia berasal darimana jangan lupa kasih pujian untuk negaranya misal , wow, it's a great country, i've heard about that " )

3. Minta Foto Bareng
Hahahahaha... Biasanya kamu pengen kan punya foto ma orang bule ( bahkan ada yang koleksi, hayoooo ngakuu!!! )
 Nah, biasanya orang kalo minta foto bilang gini , " Can i take a picture with you ? " , itu sih sah sah aja gak ada yang salah kok. Tapi gak semua bule mau lo . Kadang kala ada bule yang gak suka karena mereka merasa seperti objek foto padahal niatnya liburan malah keganggu. Curhatnya sih gitu. Cuman, kalo kamu dari awal udah kenalan dan punya conversation yg asik kamu cukup bilang, "shall we take picture together ? ", secara otomatis dan dengan senang hati dia akan bilang "sure" . Nah , photo-photo ini nanti yang akan menjalin komunikasi lanjutan.

4. Gimana Bisa Hubungin si Bule ?
Jangan sesekali kamu tanya alamat lengkap atau no.hape dia dulu , kecuali emang dia yang nawarin ke kamu. Kalo kamu cukup PD sih terserah sih .. Cukup kamu minta alamat emailnya dengan modus (biasanya) ingin mengirimkan foto-foto tadi lewat e-mail. hehe.. nah kalo dia gak keliatan welcome kamu boleh lah minta nomer hapenya dan kalo memang sangat perlu , cukup bilang " Can i have your number or whatsapp ?" (kebanyakan orang asing pake whatsapp sebagai media sms kok)

5. Keep Conversation Going
Jangan cuma berhenti sampe disitu. kalo kamu niat berteman, pastinya kamu pengen mengenal dia lebih dalem, kayak gimana sih orangnya, bisa buat temen gak ( barangkali mau dipacarin ) hehe, nah kamu bisa nerusin komunikasi baik lewat email atau skype atau whatsapp. Jadilah pribadi yang asik karena orang selalu tertarik pada kepribadian bukan cuma outlook aja ..ya kan...


Itu berdasarkan pengalaman pribadiku guys selama me-guide bule dan denger curahan hati mereka tentang orang Indo yang notabene "friendly" . Aku memang gak punya temen bule banyak.. Jadi aku agak selektif juga guys , gak asal bule trus diajak kenalan atau berteman gitu. Bule itu juga macem-macem modelnya sama kayak kita, jadi be selective ya!




Comments

deva said…
whihi thank yunita :)
Hariyanto said…
Kenalin lah bule2 nya.... walau gak banyak bule daerah gw. Gw sering liat mreka jalan. Pen gw samperin. Cma gak tau mo mulai dr mana nanya nya.. tujuan gw sih sebenarnya buat bljar bahasa inggris.
Unknown said…
Asyiik juga ngobrol sma Bule
Unknown said…
Asyiik juga ngobrol sma Bule
Anonymous said…
informatian thanks friends
Anonymous said…
informatian thanks friends
Anonymous said…
informatian thanks friends
Papa nonik said…
Thanks banget advicenya mbak yunita. Its so great
Unknown said…
Wow makasih advice nya
Tadi nemu bule & pengen kenalan, cuma takut.
Tips nya ngebantu bgt
Makasih sharingnya, masih malu-malu ngobrol pake bahasa inggris hehe
Rina Siahaan said…
Makasih sharingnya kak
Unknown said…
keren banget tips nya mbak Yunita, saya juga ada beberapa tips mengenai bagaimana berkenalan dengan bule semoga bisa menjadi pertukaran ilmu :)

http://legalimigran.blogspot.ru/2017/05/tips-berkenalan-dengan-bule.html

Popular posts from this blog

Pengalaman Solo Trip Ke Malaysia 2017

Hai semuanya , lagi suntuk nih, jadi pengen nulis. Postingan kali ini, aku mau bahas tentang pengalaman aku solo trip ke Malaysia. Solo trip berarti seorang diri tiada berkawan. 😳 petronas twin tower Sebelum merencanakan trip ke Malaysia banyak hal yang harus diperhatikan, seperti : 1. Kalian harus punya paspor, yaiyalah. Kalau belum punya silahkan mengurus paspor di kantor imigrasi terdekat di kota anda whehehe. 2. Kalian udah punya tiket RETURN ke Indonesia. Jadi nggak masalah kalian bisa sampai malaysia dengan cara apa yang pasti tiket balik ini bakal ditanyain sama imigrasi Malaysia. 3. Kalian punya dana yang cukup, sekalipun kalian backpacker dengan dana yang pas-pas an kayak aku hehe, kalian harus cek KURS tukar yang berlaku / terkini di internet untuk menghitung jumlah uang yang kalian bawa itu cukup nantinya sekalipun dikonversi ke ringgit. 4. Kalian punya kontak darurat, jaga jaga kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehabis

Backpacking ke Vietnam 2018

source : divui.com Postingan kali ini akan membahas perjalanan backpacking ke Vietnam bulan April lalu. Less drama sih. Tapi tetep gak lepas dari TRAVEL DRAMA. Cuma aku mau share beberapa hal penting juga yang harus kalian ketahui sebelum merencanakan perjalanan liburan ke Vietnam. Vietnam memang bukan negara destinasi populer untuk liburan. Thailand lebih populer yes.  Cuma aku kan anti-mainstream jadinya cuss deh ke Vietnam. Aku pergi ke Vietnam selama 5 hari dengan barang bawaan seberat 5 kg saja lol! Nggak bayar bagasi. 👀 Kalau waktu itu kalau kalian follow story instagram aku ( ada di  Highlight ) dan nonton LIVE waktu aku ceritain kejadiannya,  sempet ada drama di flight keberangkatanku yang bener bener merusak rencanaku dan merugikan secara financial banget!!! Dan hal ini bener bener nyebelin dan buat aku kecewa sama maskapai aussie bernama Jetstar. hehe aku nggak berniat menjelekin kok ambil pelajarannya aja dari pengalamanku ini. 👻😈 Jadi aku booking tiket nih

Trip Rio de Janeiro, Brazil 2018

Setelah sekian lama, barulah aku mendapatkan kekuatan untuk menuliskan pengalamanku jalan jalan ke Brazil, di tahun 2018. Aku juga masih punya pengalaman pengalaman traveling yang mengantri untuk ditulis setelah Brazil trip, Hong Kong , Vietnam (Saigon) trip dan Macao trip. Hmmm kapaaan aku bisa nulis nya huhu :( Okelah kali ini aku mau bercerita yang Brazil dulu. Aku ke Brazil cuma ke Rio de Janeiro. Ga ke state or kota lain. Aku disana 10 hari berangkat seorang diri dari Surabaya. Tiket aku beli rute KUL-GIG via AMS . Kenapa KUL ? karena KUL itu salah satu hub besar di dunia penerbangan jadi sudah dijamin harga tiket lebih miring. Untuk ke KUL yaaa urus sendiri tiketnya alias tiket terpisah, beda kode booking. Jadi tiket yang aku beli kemaren, SUB-KUL , KUL-GIG (PP) lalu KUL-SUB . Jadi tiket ke Malaysianya kira kira sendiri pokoknya jangan sampai ketinggalan pesawat yaaa haha. Karena aku takut ketinggalan pesawat ( ehm tiket ke Brazil mahal cuy!!) aku ambil jeda 10 jam. Iy